$type=ticker$count=12$cols=3$cate=0

Menampilkan Text pada Halaman Website

SHARE:

Kode elemen HTML untuk menampilkan text dengan berbagai bentuk dan jenisnya kedalam halaman website yang interaktif

Elemen untuk Menampilkan Text

Ada beberapa kode untuk menampilkan berbagai elemen HTML kedalam halaman website. Elemen ini akan membuat website anda terlihat dinamis dan lebih interaktif, diantaranya :

Heading

Heading merupakan elemen HTML untuk menampilkan judul dan sub judul. Heading terdiri dari beberapa tingkatan, mulai dari H1 sampai dengan H6.
Contoh penggunaan :

[<h1>Ini heading level pertama</h1> <h2>Ini heading level kedua</h2> <h3>Ini heading level ketiga</h3> <h4>Ini heading level keempat</h4> <h5>Ini heading level kelima</h5> <h6>Ini heading level keenam</h6>]

Hasil dari kode diatas adalah sebagai berikut:

Ini heading level pertama

Ini heading level kedua

Ini heading level ketiga

Ini heading level keempat

Ini heading level kelima
Ini heading level keenam
perbedaan diantara keenamnya terletak pada ukuran dari masing-masing heading. Level 1 berukuran paling besar, kemudian level 2 lebih kecil sampai level keenam yang terkecil.

Paragraf

Elemen paragraf yang diawali dengan opening tag dan closing tag p merupakan elemen untuk menampilkan text berupa paragraf. Sebuah paragraf selalu diawali dengan baris baru, dan browser selalu menambahkan sedikit margin sebelum dan sesudah baris paragraf. Didalam elemen paragraf kita tidak bisa menambahkan spasi dan baris, baris dan spasi berlebih akan otomatis dihapus pada tampilan browser.

Preformat Text

Elemen paragraf yang akan menampilkan text dengan ukuran dan jenis tertentu, umumnya Courier dengan apa adanya tanpa mengabaikan spasi dan baris

HTML <b> and <strong> Element

Elemen HTML <b> mendefinisikan text yang dicetak tebal, tanpa arti penting. Elemen <strong> mendefinisikan text dengan arti penting, text yang berada didalamnya akan ditampilkan dalam cetak tebal.

HTML <i> and <em> Element

Elemen HTML <i> mendeinisikan bagian dari text yang bersifat alternatif atau menggambarkan mood. Konten yang berada didalamnya akan ditampilkan dalam cetak miring. Elemen <i> pada umumnya digunakan untuk menggambarkan istilah teknis, frase atau istilah asing dan lain-lain. Elemen <em> mendefinisikan text yang ditekankan, konten didalamnya ditampilkan dalam cetak miring. element defines emphasized text.

HTML <small> Element

Elemen HTML <small> mendefinisikan text yang ditulis lebih kecil.

HTML <mark> Element

Elemen HTML <mark> mendefinisikan text yang harus diberi tanda dengan efek stabilo (highlighted)

HTML <del> Element

Elemen HTML <del> mendefinisikan text yang harus dihapus dari dokumen. Text dengan elemen del akan ditampilkan dalam bentuk text yang dicoret.

HTML <ins> Element

Elemen HTML <ins> mendefinisikan text yang dimasukkan kedalam dokumen. Text akan ditampilkan dalam bentuk text dengan garis bawah.

HTML <sub> Element

Elemen HTML <sub> mendefinisikan subscript text. Subscript text ditampilkan setengah karakter dibawah garis normal dan tertulis dengan font lebih kecil. Subscript text dapat digunakan untuk menuliskan formula atau rumus kimia Seperti H2O dan lain lain.

HTML <sup> Element

Elemen HTML <sup> mendefinisikan superscript text. Superscript text ditampilkan setengah karakter diatas garis normal dan tertulis dengan font yang lebih kecil. Superscript text dapat digunakan untuk menampilkan footnote, rumus matematika dan lain sebagainya

Gambar berikut ini ringkasan dari elemen untuk menampilkan text pada halaman html untuk menampilkan website.

Credit : Penulis : Nurani P Gambar Ilustrasi : Canva

COMMENTS

Nama

css,13,html,18,javascript,11,laravel,6,pascal,5,php,22,sql,7,
ltr
item
DEV Media: Menampilkan Text pada Halaman Website
Menampilkan Text pada Halaman Website
Kode elemen HTML untuk menampilkan text dengan berbagai bentuk dan jenisnya kedalam halaman website yang interaktif
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEig3UJkqpumlsSKotJ3hC-QaN6rl5PAAZvISAPItiKYCgWeSbz9k7rvSH32MPzPLjHOojlNmOTK7bVh4ISrAIsHVgmLvVJMWIVJSJL0Hzp09ortXD3T4Un3bL8oPDR1UxYcbulqSgd-qbfzawi9HJLeCElNnu_fm6X-TN_joefAEONcDCJYbBhnUEWr/s320/Penampil%20TEXT.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEig3UJkqpumlsSKotJ3hC-QaN6rl5PAAZvISAPItiKYCgWeSbz9k7rvSH32MPzPLjHOojlNmOTK7bVh4ISrAIsHVgmLvVJMWIVJSJL0Hzp09ortXD3T4Un3bL8oPDR1UxYcbulqSgd-qbfzawi9HJLeCElNnu_fm6X-TN_joefAEONcDCJYbBhnUEWr/s72-c/Penampil%20TEXT.jpg
DEV Media
https://www.dev.or.id/2022/11/menampilkan-text-pada-halaman-website.html
https://www.dev.or.id/
https://www.dev.or.id/
https://www.dev.or.id/2022/11/menampilkan-text-pada-halaman-website.html
true
6052010953020735000
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content